Resensi Lima Sekawan: Menyamarkan Teman


  1. (FIKSI) LIMA SEKAWAN: MENYAMARKAN TEMAN



Identitas Buku

Judul               : Lima Sekawan: Menyamarkan Teman
Pengarang     : Enid Blyton
Alih Bahasa    : Agus Setiadi
Desain Cover    : Martin Dima
Penerbit          : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku     : 240 halaman; 18 cm
Tahun Terbit    : 2011
ISBN        : 9786020321677



Sinopsis Buku
            Lima Sekawan adalah George, Julian, Dick, dan Anne serta anjing peliharaan milik George, Timmy. Judul seri ke-14 karya Enid Blyton ini menceritakan tentang keempat anak beserta anjing mereka yang pergi berlibur ke daerah tempat tinggal George, yaitu Kirrin. Suatu malam Paman Elbur, teman Paman Quentin, menelepon ke Pondok Kirrin, rumah George. Elbur meminta agar anak perempuannya, Berta, untuk tinggal di Pondok Kirrin.       George benar benar jengkel waktu Berta harus menyamar sebagai anak laki laki tapi ini bukan saatnya bagi George untuk  merasa iri sebab anak perempuan itu memang sedang bersembunyi dari para penculik.
     Datanglah Berta ke Pondok Kirrin bersama anjing miliknya, Sally. Berta pun didandani layaknya anak laki-laki, dan nama panggilannya berubah menjadi Lesley. Suatu malam, George pergi keluar bersama Timmy. Tiba-tiba, ia ditangkap dan diculik karena penculik tersebut mengira bahwa George adalah Berta, karena kemiripan mereka. Mendengar hal tersebut Berta dikirim untuk tinggal di rumah saudaranya untuk melindungi dirinya. Sementara itu, Julian, Dick, dan Anne berusaha untuk mencari George. Mereka pun menemukan beberapa petunjuk dan dibantu oleh Jo yang datang tiba-tiba saat malam hari. Mereka pergi ke Pasar Malam Gringo dan bertemu dengan Spiky, seorang anak kenalan Jo yang membantu mereka menemukan George.

Refleksi Buku
    Buku karya Enid Blyton ini mengajarkan kita tentang pentingnya mempunyai teman-teman yang bisa kita andalkan apa pun situasinya. Beberapa pesan yang dapat kita ambil dari buku ini adalah tidak egois, setia kawan, dan berpikir cerdik dalam memecahkan masalah.
Buku “Menyamarkan Teman” yang bertema misteri ini mempunyai alur yang tidak tertebak tetapi juga tidak bertele-tele. Enid Blyton berhasil membuat pembaca antusias untuk membaca buku ni lebih lanjut. Bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami. Kekurangan yang terdapat pada buku adalah ilustrasinya yang kurang menarik. Gambar-gambar yang kurang jelas dan tidak berwarna dapat membuat pembaca kurang menangkap isi buku. Secara keseluruhan, buku ini cocok untuk para remaja dan pecinta misteri. 

Comments

Popular posts from this blog

Biografi: Bulang

Resensi PANEN BESAR JAMBU BIJI DALAM POT