Resensi PANEN BESAR JAMBU BIJI DALAM POT



Identitas Buku

Judul Buku        : Panen Besar Jambu Biji  Dalam Pot   
Pengarang        : Sarah Normanianty
Penerbit        : Publishing Langit
Kota Terbit        : Jakarta
Tahun Terbit        : 2013
Cetakan ke-        : 1
Editor            : Intania Putri
Tebal Buku        : 96
Harga                : Rp 17.000,00

Sinopsis Buku

    Tambulampot, atau akronim dari Tanaman Buah Dalam Pot, adalah metode alternatif dari para masyarakat yang tinggal di kota untuk dapat menanam pohon buah di rumah tanpa harus memakai lahan yang cukup luas. 
Buku berisi tentang awal mula tambulampot. Metode ini awalnya dimanfaatkan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sakidin untuk gerakan penghijauan yang digagas oleh beliau. Sejak saat itu, masyakarat mulai tertarik untuk menanam tambulampot di rumah mereka sendiri-sendiri. Tambulampot dapat berfungsi sebagai tanaman hias dan diangggap sebagai tanaman yang menghasilkan. 
    Sarah Normanianty menjelaskan bahwa tambulampot memiliki banyak keuntungan. Beberapa diantaranya yaitu, tambulampot tidak memakan banyak tempat, dapat digunakan sebagai alternatif penghijauan, mudah dipindahkan, mudah dikontrol, pemupukannya irit, dan harga jualnya tinggi. Hal ini menyebabkan tambulampot diminati banyak kalangan. Bahkan, banyak orang juga mulai memanfaatkan metode ini sebagai bisnis. Hasilnya pun tidak mengecewakan.
    Salah satu tanaman yang dapat tumbuh menggunakan tambulampot adalah jambu biji. Jambu biji (Psidium guajava) adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Jambu biji berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah. Buah jambu biji yang berasa asam-manis. Jambu biji terdiri atas beberapa jenis, antara lain: jambu biji delima, gembos, manis, perawas, pipit, dan sukun.
    Buku setebal 96 halaman ini berisi tentang manfaat kesehatan jambu biji yang beragam. Jambu biji mengandung vitamin C-, vitamin B, vitamin E, vitamin K, dan mineral. Jambu biji adalah sumber antioksidan, buah ini juga rendah kalori dan lemak.
    Jambu biji tidak dapat tumbuh di sembarang kondisi. Beberapa hal harus diperhatikan saat ingin memperoleh hasil maksimal dalam menanam tambulampot ini. Misal, jambu biji memperoleh hasil tertinggi saat tumbuh pada rata-rata suhu 23°- 28 ° C, jambu biji tumbuh dengan sukses dari permukaan laut sampai ketinggian 1500mdpl, pohon jambu biji harus diirigasi selama periode kering, dsb. 
    Buku terbitan Publishing Langit ini berisi tentang teknik penanaman jambu biji yang tidak kalah penting. Penulis menjelaskan tentang penentuan pola tanaman mulai dari pembibitan, pembuatan lubang tanaman, pengolahan media tanam, sampai pengairan dan penanaman jambu biji secara detail. 
Buku seharga Rp17.000,00 ini berisi tentang hama dan penyakit pada tanama jambu biji, serta bagaimana cara menanggulanginya. Contoh Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) jambu biji antara lain: tungau, kutu kebul, kepik penghisap pucuk, dan trabala spp. Penulis menjelaskan beberapa tips yang dapat dipakai untuk mengusir OPT tersebut, seperti menggunakan kulit telur dan balsam untuk mengusir semut, serta kapur sirih sebagai pestisida alami. Tips yang diberikan dapat berguna bagi pembaca agar memperoleh hasil panen yang maksimal.
    Pada bab terakhir buku, Normanianty menjelaskan tentang panen, prospek bisnis, manfaat, dan analisis usaha budidaya jambu biji. Pembaca yang ingin memulai bisnis jambu biji juga diyakinkan oleh penulis dengan mencantumkan sebuah analisis budi daya jambu biji pada tahun 1999.  Normanianty telah mencakup semua aspek dalam penanaman hingga penjualan jambu biji dengan sangat baik. 

Refleksi Buku

Buku berjudul Panen Besar Jambu Biji Dalam Pot ini berisi tentang tata cara budi daya jambu biji dengan metode tambulampot (tanaman buah dalam pot). Mulai dari definisi tambulampot sampai dengan analisis usaha budi dayanya. Dengan hanya membayar buku seharga Rp17.000,00 Anda dapat mengetahui segala hal yang diperlukan untuk berhasil panen besar jambu biji dalam pot.
Penulis buku telah menjelaskan seluruh isi buku dengan baik. Kaidah kebahasaan yang digunakan cukup jelas dan cocok bagi pembaca. Buku berisi tentang hal-hal yang sangat informatif yang berguna bagi pembaca yang ingin sukses dalam hal budi daya jambu biji dalam pot. Dengan ini pembaca diyakinkan dan didorong untuk lebih mengenal lagi dunia bisnis jambu biji dalam pot. 
Sayangnya, ada beberapa hal di buku setebal 96 halaman ini yang tidak dijelaskan dengan rinci dibanding buku lainnya. Misal, pada penjelasan hama dan penyakit jambu biji, pengarang tidak mencantumkan dosis pestisida yang harus disemprotkan untuk berbagai jenis hama. Hal ini dapat membingungkan pembaca dalam mengatasi masalah hama. Di samping itu, halaman-halaman pada buku hitam putih sehingga gambar tidak terlalu jelas.
Secara keseluruhan, pengarang telah menjelaskan isi buku dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, hal-hal tersebut bukanlah masalah besar yang patut dikhawatirkan. Kaidah kebahasaan yang cocok dan jelas, serta isi buku yang informatif membuat buku ini patut dibaca oleh semua orang yang ingin meraih sukses dengan budi daya jambu biji tambulampot.

Comments

Popular posts from this blog

Biografi: Bulang

Resensi Lima Sekawan: Menyamarkan Teman